Blog

Blog

Apa itu Serverless Computing ?

Apa itu Serverless Computing ?
Serverless Computing adalah metode untuk menyediakan layanan backend berdasarkan as-bekas. Penyedia Serverless memungkinkan pengguna untuk menulis dan menggunakan kode tanpa perlu khawatir tentang infrastruktur yang mendasarinya. Perusahaan yang mendapatkan layanan backend dari vendor tanpa server dibebankan berdasarkan perhitungan mereka dan tidak harus memesan dan membayar sejumlah bandwidth atau jumlah server yang tetap, karena layanan ini scaling otomatis. Perhatikan bahwa meskipun disebut tanpa server, server fisik masih digunakan tetapi pengembang tidak perlu menyadarinya.

Pada hari-hari awal web, siapa pun yang ingin membangun aplikasi web harus memiliki perangkat keras fisik yang diperlukan untuk menjalankan server, yang merupakan usaha yang rumit dan mahal.

Kemudian datang cloud, di mana sejumlah server atau jumlah ruang server yang tetap dapat disewa dari jarak jauh. Pengembang dan perusahaan yang menyewa unit ruang server tetap ini umumnya melakukan pembelian berlebih untuk memastikan bahwa lonjakan lalu lintas atau aktivitas tidak akan melebihi batas bulanan mereka dan merusak aplikasi mereka. Ini berarti bahwa banyak ruang server yang dibayar biasanya menjadi sia-sia. Vendor cloud telah memperkenalkan model penskalaan otomatis untuk mengatasi masalah ini, tetapi bahkan dengan penskalaan otomatis lonjakan aktivitas yang tidak diinginkan, seperti Serangan DDoS, dapat berakhir menjadi sangat mahal.

Serverless Computing memungkinkan pengembang untuk membeli layanan backend berdasarkan fleksibel ‘pay-as-you-go’, yang berarti bahwa pengembang hanya perlu membayar untuk layanan yang mereka gunakan. Ini seperti beralih dari paket data ponsel dengan batas tetap bulanan, ke yang hanya mengenakan biaya untuk setiap byte data yang benar-benar digunakan.

Istilah ‘serverless’ agak menyesatkan, karena masih ada server yang menyediakan layanan backend ini, tetapi semua ruang server dan masalah infrastruktur ditangani oleh vendor. Tanpa server berarti bahwa pengembang dapat melakukan pekerjaan mereka tanpa harus khawatir tentang server sama sekali.

Apa itu layanan backend? Apa perbedaan antara frontend dan backend?
Pengembangan aplikasi umumnya dibagi menjadi dua bidang: frontend dan backend. Frontend adalah bagian dari aplikasi yang dilihat dan berinteraksi dengan pengguna, seperti tata letak visual. Backend adalah bagian yang tidak dilihat pengguna; ini termasuk server tempat file aplikasi tinggal dan database tempat data pengguna dan logika bisnis tetap ada.

Frontend vs Backend Aplikasi
Misalnya, mari kita bayangkan sebuah situs web yang menjual tiket konser. Ketika pengguna mengetik permintaan ke jendela browser, browser mengirim permintaan ke server backend, yang merespons dengan data situs web. Pengguna kemudian akan melihat bagian depan situs web, yang akan menyertakan teks, gambar, dan bidang formulir untuk diisi oleh pengguna. Pengguna kemudian dapat berinteraksi dengan salah satu bidang formulir di frontend untuk mencari tindakan musik favorit mereka. Ketika pengguna mengklik ‘kirim’, ini akan memicu permintaan lain ke backend. Kode backend memeriksa databasenya untuk melihat apakah pemain dengan nama ini ada, dan jika demikian, kapan mereka akan bermain berikutnya, dan berapa banyak tiket yang tersedia. Backend kemudian akan meneruskan data itu kembali ke frontend, dan frontend akan menampilkan hasilnya dengan cara yang masuk akal bagi pengguna. Demikian pula, ketika pengguna membuat akun dan memasukkan informasi keuangan untuk membeli tiket, komunikasi bolak-balik antara frontend dan backend akan terjadi.

Apa jenis layanan backend yang dapat disediakan oleh komputasi tanpa server?
Sebagian besar penyedia serverless menawarkan layanan database dan penyimpanan kepada pelanggan mereka, dan banyak juga yang memiliki platform Function-as-a-Service (FaaS), seperti Cloudflare Workers. Platform ini dapat mengeksekusi potongan kode di tepi tanpa menyimpan data apa pun.

Apa keuntungan dari komputasi tanpa server?
Biaya lebih rendah – Komputasi tanpa server umumnya sangat hemat biaya, karena penyedia layanan backend cloud tradisional (alokasi server) sering mengakibatkan pengguna membayar ruang yang tidak digunakan atau waktu CPU yang tidak digunakan.
Skalabilitas yang disederhanakan – Pengembang yang menggunakan arsitektur tanpa server tidak perlu khawatir tentang kebijakan untuk meningkatkan kode mereka. Vendor tanpa server menangani semua penskalaan sesuai permintaan.

Kode backend yang disederhanakan – Dengan FaaS, pengembang dapat membuat fungsi sederhana yang secara mandiri melakukan satu tujuan, seperti membuat panggilan API.
Perputaran yang lebih cepat – Arsitektur tanpa server dapat secara signifikan memotong waktu ke pasar. Alih-alih membutuhkan proses penyebaran yang rumit untuk meluncurkan perbaikan bug dan fitur baru, pengembang dapat menambahkan dan memodifikasi kode secara bertahap.

Pengembangan Website Digital Technology

Tiap-tiap proyek besar web yang Keonk.com garap sebagai Pengembangan Website Digital Technology, seharusnya via langkah-langkah tertentu mulai dari inisiasi hingga dengan selesai. Demikian ini penting dikerjakan, supaya pengembangan bisa terarah dan menjadikan sebuah web yang mempunyai poin. Meski tingkatan yang pas dari pengerjaan pengembangan laman bervariasi, akan tapi langkah-langkah dasar yang seharusnya dilewati sama.

Kesan pertama kali ketika pengguna mengunjungi web Anda amat memberi pengaruh pengevaluasian mereka ke web secara keseluruhan. Apakah pengguna terkesan atau tak sesudah mengunjungi website tergantung pada tata letak dan visual. Demikian ini yang membikin tahap pengembangan laman menjadi salah satu kunci paling penting dalam membangun kesuksesan citra online Anda.

Berikut Keonk.com paparkan sedikit perihal lima tahap penting dari pengerjaan pengembangan web yang akan menolong Anda memahami bagaimana sebuah website laman yang dirancang dan dimaksimalkan secara profesional.

Langkah 1: Perencanaan Proyek

Perencanaan proyek pengembangan website berfungsi untuk memastikan tujuan-tujuan dan target dari sebuah proyek pengembangan laman. Tahap ini dapat dibilang tahap terutama sebab memastikan hasil akhir. Demikian ini berikutnya dibagi ke dalam sub komponen berikut.

Analisa Keperluan – analisa keperluan berfungsi untuk mencari tahu syarat yang pas dari sebuah web. Ini termasuk memastikan sasaran pengguna, tujuan web, fitur mendetail, dan kabar lain yang sejenis perihal web.

Inti Proyek – kesimpulan proyek meringkas syarat web. Dokumen ini lazimnya singkat, dan berfungsi sebagai spot rujukan semua pengerjaan pembangunan laman.

Memutuskan Sumber Energi yang Dibutuhkan – Tahap perencanaan proyek juga mendefinisikan perangkat lunak dan syarat sumber kekuatan lainnya untuk proyek web. Pada langkah ini, tiap keperluan media pihak ketiga diidentifikasi. Segala syarat sumber kekuatan kemudian ditambahkan ke anggaran proyek.

Tujuan daya kerja utama – Tahap perencanaan website juga melibatkan memastikan tujuan daya kerja utama. Tenggat waktu proyek, tarif yang dianggarkan, dan kecepatan halaman merupakan sebagian desain web dan pengembangan tujuan yang diatur pada tahap ini.

Analisa Pesaing – Akibatnya, tahap ini juga melibatkan mengerjakan analisa pesaing. Yang yakni kompetitor bisnis dari web Anda? Berapa banyak pengunjung akan mengunjungi web? Apa yang akan menjadi tingkat bouncing mereka? hal penting lain yang dianggap pada tahap ini mencakup merek visual, panggilan untuk berbuat, navigasi, dan tata letak.

Langkah 2: Memutuskan Ruang Lingkup Proyek

Tahap berikutnya dari pengerjaan pengembangan mencakup penentuan ruang lingkup proyek. Memutuskan ruang lingkup proyek secara bagus akan menolong dalam memutuskan bahwa proyek web usai pas waktu dan cocok anggaran yang diatur. Salah satu sistem terbaik untuk menandakan ruang lingkup dari proyek ini merupakan menerapkan grafik. Grafik bisa memmberikan visualisasi proyek. Grafik memperlihatkan kesibukan yang terlibat dalam proyek hal yang demikian. Demikian ini juga memperlihatkan kerangka waktu untuk menuntaskan tiap tahap. Ini menolong dalam memastikan ruang lingkup proyek. Kecuali itu, juga menjadikan akuntabilitas antara regu desain web.

Langkah 3: Desain Situs

Tahap penting selanjutnya dari pengerjaan pengembangan web merupakan merancang desain web itu sendiri. Dalam tahap ini, regu pengembang konsentrasi memilih tema, warna, tata letak, fitur, dan aspek lain dari website laman. Selama tahap ini para desainer website menggabungkan berjenis-jenis faktor seperti logo perusahaan, warna yang memperkuat identitas merek, tema yang mencerminkan portofolio produk perusahaan, dan tata letak yang elegan dan tampak menarik. Perancang website akan membikin satu atau lebih desain prototipe untuk web. Kemudian prototipe hal yang demikian dikirim ke Mitra untuk bisa direview dan dipilih desain yang diharapkan.

Langkah 4: Pengembangan Website

Dalam tahap pengembangan ini, regu pengembang membagi tiap faktor web dan menerapkannya untuk membikin web fungsional. Tahap ini mencakup; pengembangan halaman depan sesudah kerangka dasar (Shell) selesai dihasilkan. Shell web mengandung struktur navigasi dan tata letak website tanpa konten laman. Sesudah pemilik website menyediakan konten, yang berikutnya didistribusikan ke semua website cocok dengan Shell yang sudah disusun sebelumnya. Di sisi teknis, pengerjaan pengembangan web mencakup faktor-faktor seperti merancang format kontak interaktif, menggunakan gateway pembayaran, dan memilih CMS (cara manajemen konten) seperti WordPress, Joomla, dan Magento.

Langkah 5: Website Pengujian dan Deployment

Tahap terakhir dari pengembangan ini merupakan pengujian. Dalam tahap ini, desainer website menambah sentuhan akhir untuk website dan menguji website sebelum di rilis. desainer akan menguji fungsionalitas komplit dari website untuk memutuskan bahwa segala fitur berjalan lancar tanpa kekeliruan apa saja. Perancang website akan menguji segala script utama dan forum, memutuskan bahwa website bisa memperlihatkan konten secara bagus pada perangkat yang berbeda dan platform (misal; telepon pintar berbasis Android dan iOS), memverifikasi tautan internal, dan tugas-tugas lain yang sejenis.

Perancang website laman juga akan memvalidasi kode website untuk memutuskan bahwa segala memenuhi standar web terupdate. Demikian ini memutuskan bahwa web bisa berprofesi secara lancar tanpa problem. Situs ini kemudian diterangkan terhadap Mitra untuk menerima persetujuan akhir dari website. Sesudah persetujuan akhir, sekarang saatnya pihak pengembang memberikan website terhadap Mitra.

Akibatnya, regu pengembang web menambahkan rincian halus ke web untuk memaksimalkan fungsi dan daya kerja seperti pemasangan plugin, optimasi SEO (Search Engine Optimization), dan optimasi kecepatan halaman.

Akibatnya, bersama dengan tulisan ini Anda seharusnya tahu bahwa pengerjaan pengembangan laman memerlukan banyak waktu dan usaha. Merancang sebuah website laman supaya menarik secara visual merupakan tugas yang berat. , kami harap akibatnya bisa lebih besar dari usaha, tarif, dan waktu yang diperlukan untuk sebuah karya seni website laman yang cantik.

Menemukan Keunggulan dan Kelemahan Kompetitor UMKM

Trik mudahnya Menemukan Keunggulan dan Kelemahan Kompetitor UMKM adalah pada tahap-tahap awal mengamati bertindaklah seperti konsumen atau pelanggan mereka. Langkah ini untuk menemukan point of view yang mengarahkan kita pada keunggulan dan kelemahan dari bisnis mereka. Tidak masalah meskipun kita harus mengeluarkan kocek untuk membeli produk dari kompetitor, sebab proses ini sangat penting dalam menemukan faktor apa yang membuat bisnis mereka laris, dan bisa ditiru untuk produk dan bisnis kita sendiri.

Persamaan pada kedua strategi ini adalah mempelajari kekuatan lawan atau kompetitor bisnis kita, untuk menemukan keunggulan yang membuat mereka dipilih oleh pasar, dan kelemahan apa yang mereka miliki supaya bisnis kita bisa mengambil ceruk pasar di sana. Tapi bagaimana caranya agar kita bisa mempelajari keunggulan dan kelemahan dari kompetitor tersebut tanpa ketahuan ? Karena tidak mungkin kita yang notabene calon pesaing mau mengajukan proposal studi banding untuk urusan internal di bisnis mereka.

Misalkan dengan mendatangi outlet atau restoran milik bisnis kompetitor, dan mencicipi menu yang ditawarkan apabila bidang bisnisnya berupa kuliner. Cicipi menu-menu unggulan yang mereka tawarkan, kemudian pelajari juga kelebihan yang ditawarkan oleh outlet dan tempat bisnis mereka. Pelajari bagaimana staff mereka melayani, bagaimana nyamannya outlet tersebut sehingga orang-orang datang lagi dan lagi. Pelajari juga perbandingan harga yang dipatok dengan kualitas aktual yang disajikan.

Poin penting dalam menjalankan langkah ini adalah, Anda harus objektif dan berpikiran terbuka. Karena memposisikan diri sebagai pelanggan mereka, Anda harus mengakui jika ada kelebihan yang ditawarkan oleh produk mereka. Jangan karena posisi Anda sebagai kompetitor membuat Anda gelap mata dan hanya melihat point negatif dari bisnis yang mereka jalankan.

Padahal yang lebih penting justru menemukan faktor keunggulan yang membuat orang-orang membeli dari mereka. Buatlah daftar mengenai keunggulan-keunggulan yang mereka miliki sehingga membuat bisnis mereka menjadi leader di pasaran. Ikuti semua program promo yang diadakan, dan pelajari rate keberhasilan program tersebut dalam mendatangkan pemasukan bagi bisnis mereka.

Lakukan pengamatan customer ini setidaknya kepada lima kompetitor terkuat dari bidang bisnis yang Anda geluti. Tujuannya untuk membandingkan semua keunggulan dan kelemahan yang mereka tawarkan. Karena tidak ada bisnis yang 100% sempurna, misalnya kompetitor A yang hebat dalam hal produk tapi kurang dalam hal kualitas pelayanan, sementara kompetitor B hebat dalam pelayanan, tapi dalam hal variasi produk masih kalah dari A. Masing-masing keunggulan ini disilangkan untuk menutupi kelemahan yang lainnya, sehingga Anda akan mendapatkan kompilasi keunggulan bersaing dari kompetitor yang akan menjadi senjata andalan Anda dalam menemukan keunggulan untuk diterapkan pada bisnis Anda sendiri. Langkah untuk mempelajari kompetitor ini jauh lebih ekonomis jika dibandingkan harus mengarang ide-ide research and development sendiri yang selain biayanya tidak sedikit juga keberhasilannya belum tentu dijamin.

Satu hal lagi yang tak kalah penting, amati juga bagaimana pesaing memanfaatkan bisnis website dalam berjualan. Apakah banyak kata kunci di mesin pencari yang dikuasai oleh pesaing anda ? Jika itu yang terjadi, menandakan segeralah sewa jasa pembuatan website dan seo jakarta profesional untuk meningkatkan daya saing pada website anda.

Peranan Website Era Industri 4.0

Kita semua tahu perkembangan industri sudah memasuki revolusi industri 4.0 dimana berkaitan erat dengan perkembangan ekonomi secara global. Untuk generasi Z atau generasi jaman sekarang mungkin dapat mengikuti dengan lebih siap. Namun ketika berbicara generasi sebelumnya kita juga harus mempersiapkan diri mengikuti perubahan jaman.

Beberapa toko nasional telah berkali-kali mencetuskan “Bersiaplah menyongsong industri 4.0” karena siap atau tidak kita semua harus menghadapinya. Berbicara Revolusi 4.0 tentu saja erat kaitannya dengan Teknologi, dimana sekitar 90% lebih dari masyarakat kita telah terhubung dengan Internet.

Era informasi digital dan berbagai solusi digital lainnya membuat setiap orang selalu Up-to-date. Secara garis besar kehidupan kita tidak akan bisa terlepas dari jaringan digital yang diharapkan bisa membantu setiap individu dalam memperoleh informasi terkini. Bukan hanya informasi namun jaman sekarang berbelanja atau melakukan transaksi sudah serba digital. Tidak ada salah nya apabila Ibu/Bapak yang memiliki usaha secara konvensional mulai melirik pemasaran melalui channel digital.

Untuk memiliki laman website tentulah dibutuhkan skill yang mumpuni untuk mengelola situs pemasaran secara digital. Hal ini tentu saja mudah dilakukan dengan SDM yang telah berkembang sedemikian rupa mengikuti perkembangan jaman sekarang ini. Namun apabila tidak memiliki SDM untuk mengelola sendiri, bisa mencari jasa pembuatan website di tangsel yang terdekat. Untuk itu tentu saja harus sertai oleh layanan server hosting terbaik agar konsumen merasa nyaman dalam mengakses web tersebut.

Kita saat ini tentunya mengetahui beberapa unicorn yang memulai sejarahnya dari kecil sebutlah BukaLapak, Gojek, Tokopedia dan lainnya. Tentunya anda juga bisa merasakan benefit yang besar apabila tidak ketinggalan dalam mengikuti teknologi. Diakhir kata lebih baik sekarang daripada terlambat.