Menemukan Keunggulan dan Kelemahan Kompetitor UMKM

Menemukan Keunggulan dan Kelemahan Kompetitor UMKM

Trik mudahnya Menemukan Keunggulan dan Kelemahan Kompetitor UMKM adalah pada tahap-tahap awal mengamati bertindaklah seperti konsumen atau pelanggan mereka. Langkah ini untuk menemukan point of view yang mengarahkan kita pada keunggulan dan kelemahan dari bisnis mereka. Tidak masalah meskipun kita harus mengeluarkan kocek untuk membeli produk dari kompetitor, sebab proses ini sangat penting dalam menemukan faktor apa yang membuat bisnis mereka laris, dan bisa ditiru untuk produk dan bisnis kita sendiri.

Persamaan pada kedua strategi ini adalah mempelajari kekuatan lawan atau kompetitor bisnis kita, untuk menemukan keunggulan yang membuat mereka dipilih oleh pasar, dan kelemahan apa yang mereka miliki supaya bisnis kita bisa mengambil ceruk pasar di sana. Tapi bagaimana caranya agar kita bisa mempelajari keunggulan dan kelemahan dari kompetitor tersebut tanpa ketahuan ? Karena tidak mungkin kita yang notabene calon pesaing mau mengajukan proposal studi banding untuk urusan internal di bisnis mereka.

Misalkan dengan mendatangi outlet atau restoran milik bisnis kompetitor, dan mencicipi menu yang ditawarkan apabila bidang bisnisnya berupa kuliner. Cicipi menu-menu unggulan yang mereka tawarkan, kemudian pelajari juga kelebihan yang ditawarkan oleh outlet dan tempat bisnis mereka. Pelajari bagaimana staff mereka melayani, bagaimana nyamannya outlet tersebut sehingga orang-orang datang lagi dan lagi. Pelajari juga perbandingan harga yang dipatok dengan kualitas aktual yang disajikan.

Poin penting dalam menjalankan langkah ini adalah, Anda harus objektif dan berpikiran terbuka. Karena memposisikan diri sebagai pelanggan mereka, Anda harus mengakui jika ada kelebihan yang ditawarkan oleh produk mereka. Jangan karena posisi Anda sebagai kompetitor membuat Anda gelap mata dan hanya melihat point negatif dari bisnis yang mereka jalankan.

Padahal yang lebih penting justru menemukan faktor keunggulan yang membuat orang-orang membeli dari mereka. Buatlah daftar mengenai keunggulan-keunggulan yang mereka miliki sehingga membuat bisnis mereka menjadi leader di pasaran. Ikuti semua program promo yang diadakan, dan pelajari rate keberhasilan program tersebut dalam mendatangkan pemasukan bagi bisnis mereka.

Lakukan pengamatan customer ini setidaknya kepada lima kompetitor terkuat dari bidang bisnis yang Anda geluti. Tujuannya untuk membandingkan semua keunggulan dan kelemahan yang mereka tawarkan. Karena tidak ada bisnis yang 100% sempurna, misalnya kompetitor A yang hebat dalam hal produk tapi kurang dalam hal kualitas pelayanan, sementara kompetitor B hebat dalam pelayanan, tapi dalam hal variasi produk masih kalah dari A. Masing-masing keunggulan ini disilangkan untuk menutupi kelemahan yang lainnya, sehingga Anda akan mendapatkan kompilasi keunggulan bersaing dari kompetitor yang akan menjadi senjata andalan Anda dalam menemukan keunggulan untuk diterapkan pada bisnis Anda sendiri. Langkah untuk mempelajari kompetitor ini jauh lebih ekonomis jika dibandingkan harus mengarang ide-ide research and development sendiri yang selain biayanya tidak sedikit juga keberhasilannya belum tentu dijamin.

Satu hal lagi yang tak kalah penting, amati juga bagaimana pesaing memanfaatkan bisnis website dalam berjualan. Apakah banyak kata kunci di mesin pencari yang dikuasai oleh pesaing anda ? Jika itu yang terjadi, menandakan segeralah sewa jasa pembuatan website dan seo jakarta profesional untuk meningkatkan daya saing pada website anda.

Tag: